Gebyar Produk Kreatif Siswa SMKN 1 Sampang

Senin, 23 Mei 2022—Kreativitas adalah hal mutlak yang harus dimiliki setiap individu, terlebih dalam dunia pendidikan. Tanpa inovasi dan kreasi, dunia pendidikan tidak akan mampu mengiringi perkembangan zaman. Oleh karena itu, berbagai elemen pendidikan berlomba-lomba melatih proses kreatif demi menghasilkan SDM yang berkualitas. Begitu pula dengan SMKN 1 Sampang. Dalam rangka meningkatkan budaya kreatif dan inovatif, SMKN 1 Sampang menyelenggarakan kegiatan pameran berupa Gebyar Produk Kreatif Siswa. Kegiatan tersebut menjadi feedback positif terhadap produk-produk hasil pembelajaran. Selain itu, juga sebagai sarana promosi sekolah menjelang penerimaan peserta didik baru.

Seluruh kompetensi keahlian menampilkan berbagai produk kreatif dalam kegiatan yang diselenggarakan di lapangan utama SMKN 1 Sampang tersebut. Mulai dari Kompetensi kelahlian Akutansi dan Keuangan Lembaga (AKL) yang menampilkan produk pembelajaran PKK berupa hasil jahit-menjahit dan beberapa produk olahan makanan serta alat-alat praktik dalam bidang jasa akutansi dan keuangan. Masih dalam satu rumpun di bidang keahlian keuangan dan bisnis, Kompetensi Keahlian Pemasaran juga menampilkan alat-alat penjualan retail lengkap dengan mesin cash register serta berbagai hasil olahan makanan yang sudah dikemas dalam packaging menarik. Sedangkan Kompetensi Keahlian Desain dan Komunikasi Visual menampilkangambar vector, scrapframe foto 3D, gantungan kunci, pin, mug dan kaos sablon, gambar vector, game, dan augmented reality yang dirancang sendiri oleh peserta didik DKV.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang (tengah) di Dampingi Kasi SMK (kiri) dan Kepala Sekolah SMKN 1 Sampang (kanan) Melakukan Pemotongan Pita dan Pelepasan Balon.

Sementara itu, kompetensi keahlian Teknologi Farmasi (TF) menampilkan berbagai olahan herbal seperti granulasi jahe, sinom, dan teh daun kelor yang sudah dikemas dalam botol maupun standing pouch higenis. Ada pula hand sanitizer yang diproduksi sendiri. Selain itu TF juga menyediakan pemerikasaan gula darah, kolesterol, dan asam urat. Sedangkan Kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) menampilkan hasil miniatur rancangan gedung dan jembatan, Gambar perancangan gedung 2D dan 3D, serta mengenalkan berbagai material bangunan. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Komli DPIB untuk menampilkan demo penggambaran gedung dengan Autocad dan Sketchup.

Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) menampilkan CCTV Ip cam berbasis wifi, teknologi jaringan microwave, VOIP, dan MRIT. Selanjutnya, kompetensi keahlian Teknik Elektronika menampilkan alat peraga atau praktik berupa trainer pneumatic dan trainer PLC serta berbagai produk di bidang elektro, seperti running text, thermo gun, handsanitizer otomatis, solar light, dan lampu hias.

Selain pameran yang menampilkan produk-produk kreatif siswa, acara tersebut juga diisi dengan hiburan pentas seni dari peserta didik dan guru. Acara yang dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah kabupaten Sampang dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon tersebut berjalan lancar dan meriah. Bahkan para pejabat yang hadir juga turut memeriahkan acara dengan bernyanyi di panggung. Acara tersebut juga dihadiri oleh kurang lebih 350 peserta didik kelas IX SMP di wilayah kecamatan Sampang yang didampingi guru BK masing-masing.